Senin, 28 Maret 2011

TEST GAYA BELAJAR

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda dapat memahami dengan lebih baik di bawah bimbingan salah satu instruktur/guru dibandingkan dengan instruktur/guru lain  dalam mata pelajaran/kuliah yang sama persis? Jawabannya adalah hal itu bisa terletak pada cara instruktur/guru menyajikan informasi dan jenis gaya belajar yang melekat pada diri Anda. Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda dan bisa belajar dengan lebih baik melalui cara-cara yang berbeda.
Memahami gaya  belajar yang Anda miliki  adalah cara terbaik untuk memaksimalkan proses belajar di kelas.  Setelah Anda menemukan gaya belajar Anda dan mengetahui metode terbaik untuk membantu Anda dalam belajar melalui gaya itu, Anda akan terkejut bila mengetahui betapa Anda dapat berkembang dan berprestasi dengan pesat di dalam kelas, bahkan di mata pelajaran yang sebelumnya Anda anggap sulit dan tidak menyenangkan.
Apa yang di sebut dengan Gaya Belajar?
Gaya belajar adalah variasi cara yang dimiliki seseorang untuk mengakumulasi serta
mengasimilasi informasi. Pada dasarnya, gaya belajar Anda adalah metode yang terbaik memungkinkan Anda dalam mengumpulkan dan menggunakan pengetahuan secara spesifik. Kebanyakan ahli setuju bahwa ada tiga  macam dasar gaya belajar. Setiap individu memungkinkan untuk memiliki satu macam gaya belajar atau dapat memiliki kombinasi dari gaya belajar yang berbeda. Di sebagian besar kasus, karakteristik gaya belajar bahkan dapat diamati pada anak balita.
Sekali Anda telah mengenali gaya belajar yang Anda miliki,Anda dapat menerapkan
cara  belajar yang terbaik yang sesuai dengan gaya belajar Anda untuk memaksimalkan Prestasi pendidikan Anda.
Manfaat Memahami Gaya Belajar Anda
Penting untuk diingat bahwa Anda sebagai seorang individu adalah pembelajar yang unik. Tidak ada dua orang yang persis sama dan tidak ada dua orang yang bisa belajar dengan  cara yang persis sama. Ada banyak keuntungan untuk memahami gaya belajar yang Anda miliki agar dalam belajar, kita bisa  memproses informasi dengan lebih efisien dan efektif. Beberapa manfaat tersebut meliputi:
Keuntungan Akademik
· Memaksimalkan potensi belajar Anda
· Berprestasi pada semua tingkat pendidikan
· Memahami cara belajar terbaik dan  dan bisa mendapatkan nilai lebih baik pada ujian dan tes
· Mengatasi keterbatasan belajar di dalam kelas
· Mengurangi frustrasi dan tingkat stres siswa
· Mengembangkan strategi belajar Anda untuk efisien dan efektif
Keuntungan Pribadi
· Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri
· Mempelajari cara terbaik menggunakan keunggulan otak Anda
· Mendapatkan wawasan kekuatan serta kelemahan diri Anda
· Mempelajari bagaimana menikmati belajar dengan lebih dalam
· Mengembangkan motivasi untuk belajar
· Mempelajari Bagaimana memaksimalkan kemampuan serta keterampilan alami Anda
Keuntungan Profesional
· Tetap up to date mengenai topik-topik profesional
· Unggul dalam kompetisi/persaingan
· Mengelola tim dengan cara yang lebih efektif
· Mempelajari bagaimana cara memberikan presentasi dengan lebih efektif
· Meningkatkan keterampilan dalam menjual
· Meningkatkan produktifitas Anda
Perlu diingat bahwa tidak ada cara yang benar atau salah dalam belajar.Setiap orang adalah unik dan setiap gaya belajar menawarkan keuntungan serta kekurangan masing-masing. Memahami gaya belajar Anda sendiri dapat membantu Anda untuk belajar serta bekerja secara lebih efisien.
Sekarang , Agar Anda  bisa memahami gaya belajar sendiri yang unik, kita akan membahas setiap gaya belajar lebih detail.
1. Visual Learners (Belajar Melalui Penglihatan)
Adalah Pembelajar yang perlu melihat bahasa tubuh guru dan ekspresi wajah untuk sepenuhnya memahami isi pelajaran. Mereka cenderung lebih suka duduk di depan kelas untuk menghindari penghalang visual (misalnya kepala orang). Mereka mungkin berpikir dengan gambar dan dengan media belajar yang terbaik melalu tampilan visual meliputi: diagram, ilustrasi buku teks, video, flipchart dan hand-out. Selama diskusi kuliah atau ruang kelas, pelajar visual biasanya lebih memilih untuk membuat catatan rinci untuk menyerap informasi.




2. Auditory Learners (Belajar Melalui Pendengaran)
Metode belajar mereka yang terbaik adalah melalui lisan dengan ceramah, diskusi, bicara hal-hal melalui dan mendengarkan apa yang orang lain katakan. Pelajar auditori menafsirkan makna yang mendasari pidato dengan mendengarkan nada suara, pitch, kecepatan dan nuansa lainnya. Informasi tertulis mungkin memiliki sedikit arti sampai terdengar. Pembelajar ini lebih mendapatkan keuntungan dengan membaca teks dengan keras dan menggunakan tape recorder.




3. Actile/Kinesthetic Learners (belajar dengan bergerak, melakukan dan menyentuh)
Taktil / Kinestetik adalah pembelajar terbaik melalui pendekatan fisik, aktif menjelajahi dunia fisik di sekitar mereka. Mereka mungkin merasa sulit untuk duduk diam dalam jangka waktu yang lama dan mungkin menjadi terganggu dengan kebutuhan mereka akan aktivitas dan eksplorasi.
Jika Anda Berminat ingin mengetahui Gaya Belajar pada diri anak anda agar bisa memaksimalkan potensi anak dalam belajar, kami telah menyediakan software SiapCerdas 283 sebagai solusi untuk melakukan tes Gaya belajar dengan mudah dan cepat. Selain itu, kami juga menyediakan Tips Belajar untuk masing-masing gaya belajar. Belajar anak di rumah pun akan menjadi lebih menyenangkan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar